Tips Membuat Video di Sukai YouTube & SEO Friendly

cara upload video di youtube, YouTubers, Menjadi YouTuber, Tips, SEO
Pada kali saya akan membuat sebuah artikel tentang Tips Membuat Video di Sukai YouTube serta SEO Friendly oleh karena itu simak baik-baik pemaparan saya. Langkah pertama membuat channel youtube adalah memilih nama. Nama merupakan identitas, jadi pastikan nama tersebut sesuatu hal kamu sukai hari ini, minggu depan, dan enam tahun kemudian.

Pikirkan juga memfungsikan nama ini sebagai merek. Apakah nama tersebut menyampaikan konsep channel? Apakah kamu mau diwakili dengan nama ini diseluruh dunia, jika videonya menjadi viral?

Rekomendasi : Ingin Menjadi YouTuber? Tentukan Misi & Target Penonton

Saya anggap kalian sudah memilih nama, selanjutnya kini saatnya mengupload video. Kesan pertama sangatlah penting, maka pastikanlah menyajikan sebuah video dengan daya tarik tinggi. Jangan mengabaikan element yang dapat membantu video kalian ditonton oleh jutaan orang seperti judul, deskripsi, thumbnail.


Tips YouTube SEO : Format


Pastikan mengekspor video dari editor dalam format youtube. Jika kalian menerima pesan error seperti "format video tidak valid" saat mengupload, maka itu tandanya kamu mengupload file dengan format salah. Jadi pastikan menggunakan salah satu format disarankan oleh youtube.

Tips YouTube SEO : Judul


Judul video adalah salah satu hal pertama dibaca oleh pemirsa. Jadi pikirkan kata kunci atau frasa apa agar mendorong pemirsa mengeklik video. Nah judul juga merupakan salah satu element membuat video berada pada page one dalam hasil pencarian mesin searching youtube.

Oleh karena itu pikiran matang-matang bagaimana cara membuat agar pemirsa dapa mengklik videomu lewat judul yang kalian buat, jadi buatlah semenarik mungkin tetapi masih dalam konteks pembahsan dalam video, dalam artian jangan clickbait.

Tips YouTube SEO : Deskripsi


Cantumkan pembahasan inti video kamu dalam deskripsi. Pemirsa akan melihat dua kalimat teratas sebelum mengeklik videonya untuk melihat lebih jauh. Jadi gunakan ruang ini untuk memikat mereka.

Pertimbangkan untuk menyediakan tautan ke situs web atau sosial media kamu, mencantumkan kredit bagi kolaborator, atau memberikan informasi kontak. Deskripsi juga berpengaruh dalam peringkat hasil pencarian. Oleh karena itu pikiran bagaimana cara membuat deskripsi menarik, sesuai dengan pembahasan dalam videonya.

Tips YouTube SEO : Video Tag


Pilih tag yang mewakili konten video dengan akurat. Tag membantu video agar mudah ditemukan. Namun, ada juga tag yang dapat melanggar aturan komunitas youtube. Jadi, pastikan menyertakan kata kunci  penggambaran konten anda. Video tag merupakan hal terakhir untuk membuat videomu berada di halaman teratas mesin pencarian.

Tips YouTube SEO : Thumbnail


Thumbnail ibarat poster film untuk memberikan pratinjau visual tentang video kamu kepada pemirsa. Coba buat thumbnail khusus menunjukkan momen-momen menyenangkan, tampak bagus di perangkat seluler maupun desktop. Anda dapat menambahkan thumbnail khusus jika channel sudah diverifikasi. Selain judul, thumbnail merupakan hal penting kedua mendatangkan penonton.

Jadi untuk lebih mudah menjelaskannya saya akan membuat contoh gambaran simplenya. Coba kamu searching video youtube tentang topik  favoritmu, lalu pilih salah satu dan tontonlah. Proses pemilihan video apa yang membuat video tersebut menarik sehingga kamu ingin menontonya, apakah judulnya atau thumbnailnya? lalu jika sudah terjawab praktekanlah dichannel kalian. 

Tips YouTube SEO : Kartu


Kartu dapat mengarahkan penonton ke tempat berikutnya yang anda inginkan baik itu menonton video lain, melihat barang dagangan, atau subscribe. Manfaatkan fitur ini agar menarik pengunjung agar berinteraksi di video kalian. Fitur kartu ini dilambangkan dengan tanda 'i' pada pojok kanan atas diframe video kamu. 

Tips YouTube SEO : YouTube Analytics


Beberapa hari setelah upload adalah waktu terpenting menentukan kesuksesan video. Anda dapat menggunakan YouTube Analytics sebagai pengukur keberhasilan performa video. Pastikan juga meninjau komentar penggemar kamu, mulailah membangun komunitas dengan menanggapi komentar mereka!

Sekian dulu pembahasan saya mengenai Tips Membuat Video di Sukai YouTube & SEO Friendly, jika ada pertanyaan silakan tulis dikolom komentar agar kita semua bisa membantu menjawab sekaligus menyelesaikan masalah kalian. Terima kasih, sampai bertemu di artikel berikutnya!

    Comments

    Post a Comment