Cara Membuat Channel Trailer Profesional

Branding, Meningkatkan Viewers Youtube,
Kesan pertama bagi youtuber amatlah sangat penting, kalian dapat menarik penonton yang belum subscribe dengan menampilkan trailer sehingga viewers ingin menonton lebih banyak tentang video kamu.

Karena menurut kebanyakan permirsa, youtuber memiliki channel trailer menarik akan mempunyai sesuatu special untuk di tonton. Gunakanlah trailer agar mendeskripsikan seluruh isi konten youtube kamu kepada penonton, agar mereka tau konsep apa yang ditawarkan di channel mu.

Rekomendasi : Tips Membuat Thumbnail yang Efektif

Lalu apa saja yang harus ada di dalam trailer? buatlah sesuatu unik tentang penggambaran seluruh isi konten, sertakan ciri khas, serta berikan alasan kepada pemirsa kenapa mereka harus datang menonton kembali, berikan jadwal anda mengupload video baru, terakhir ajaklah mereka untuk subsribe.

Saya sarankan buatlah trailer yang singkat, jangan terlalu panjang karena sebenarnya tujuan dari trailer itu adalah hanya perkenalan singkat dengan channel kalian.

Mulai dengan sesuatu yang memukau penonton dalam beberatapa detik pertama agar mereka tetap menonton sampai habis, jangan biarkan setelah menonton beberapa detik mereka langsung kabur. Tentu kamu ingin membuat kesan istimewa kepada pemirsa, jadi buatlah luar biasa.

Tuliskan Deskripsi Informatif


Deskripsi sangat penting untuk menyapaikan informasi tentang channel kamu, mesin pencari mengunakan kata-kata dari deskripsi yang kita tulis tersebut sehingga penonton dapat menemukan channel kita.

Ketika penonton yang belum subscribe datang ke channel anda, pertama kali mereka lihat adalah trailer dan deskripsi channel. Ketika menonton atau membacanya, mereka akan mendapatkan informasi tentang gambaran channel kamu.

Tips
  • Gunakan Informasi paling penting di awal paragraf
  • Pilih kata unik agar menjadikan deskripsi menarik
  • Sertakan link ke sosial media atau website
  • Pastikan tampilan deskripsi bagus di semua perangkat

Lampu - Kamera - Action!


Sebelum memulai, sebaiknya pikirkan konsep tentang video yang ingin anda buat. Pikirakan tentang siapa penonton video kamu, tulis naskahnya dan rencanakan kegiatan lainnya untuk mendukung kualitas video. Berikut tiga kiat dalam membuat trailer.

Siapa Penonton Kamu?


Tanyakan kepada diri sendiri, seandainya dirimu menjadi penonton apa harus diketahui tentang channel kamu, terutama dalam kesan pertama. Apa yang saya ingin rasakan setelah viewers menonton trailer saya. Bagaimana saya harus berbicara apakah sebaiknya dengan canda, serius, datar atau informatif.

Buat Naskah


Setelah kamu menentukan siapa target penonton, maka selanjutnya buatlah sebuah naskah. Tulislah naskah dengan struktur yang rapih, memiliki pesan jelas dan menawan sehingga viewers menjadi terkagum. 

Rancangan naskah mencakup pada pilihan kata kamu pada saat berbicara di depan kamera, lalu gambar yang muncul di layar serta musiknya. 

Semuanya harus dipikirakan matang dan harus masuk kedalam naskah agar bisa tersusun detail, terpenting sesuaikan naskah yang kamu buat dengan branding.

Pukai dengan Grafis & Musik Menawan


Grafis merupakan representasi visual dari naskah, buat background sederhana saja tidak usah terlalu rumit tetapi pastikan konsisten di setiap video agar menghewat waktu editing. Jika anda menyertakan tulisan di video, pastikan textnya enak dibaca.

Bila kamu mempunyai musik yang sesuai, maka anda dapat memengaruhui emosi penonton sehingga membuat mereka merasa nyaman menonton video mu.

Musik menjaga moodnya serta memberikan suatu energi untuk tetap bertahan, jadi pastikan memilih musik selaras dengan semua element agar menjadi suatu harmoni.

Lihat contoh berikut :

Dalam trailer food tube, pembawa acarnya jamie oliver langsung mengajak penonton untuk subscribe dengan mengatakan "kamu melihat video ini karena anda tidak berlangganan Food Tube". Trailer tersebut menggambarkan jenis makanan.

Indy mogul dalam trailernya ingin menunjukan kepada viewers bahwa channel tersebut membahas topik tentang cara membuat video dengan budget sedikit. Mereka juga menggoda kamu dengan menunjukan banyaknya perlengkapan produksi, mulai dari perlengkapan kamera hingga lainya. Semua tersaji dalam video yang berdurasi 30 detik.

Tips

Comments