Tips Membuat Thumbnail yang Efektif

Youtubers, thumbnail, Branding, Tips,
Thumbnail youtube adalah cara yang hebat untuk mengemas serial video dengan tampilan dan nuansa yang menarik. Thumbnails juga dapat membantu pemirsa dalam memilih video yang akan ditonton mereka.

Karena salah satu tampilan yang di lihat pertama kali oleh pemirsa adalah thumbnail, jika tampilanya menarik maka penonton akan penasaran dan mungkin segera meng-klik videonya, tetapi jika thumbnailnya engga menarik besar kemungkinan pemirsa tidak akan menonton video kamu.

Rekomendasi : Manfaatkan Fitur Watermark untuk Menaikan Branding

Semua thumbnail harus mengikuti Aturan YouTube. Jika thumbnail menjurus ke arah seks, kekerasan atau konten vulgar maka akan membuat video dikenai pembatasan usia. Bila video anda dibatasi usinya, maka iklan tidak akan ditayangkan serta video tidak akan di temukan di mesin pencari.

Misalkan anda melanggar aturan mengenai thumbnail maka fitur kustom thumbnail ini dapat di cabut dan jika telah di cabut oleh pihak youtube maka kalian tidak akan pernah bisa menggunakan fitur thumbnail dan pihak youtube tidak dapat memulihkanya.

YouTube dapat menonaktifkan kustom thumbnail jika dianggap engga layak, indikasinya untuk menentukan apakah thumbnail sesuai atau tidak, pertimbangannya dari retensi penonton suka dan engga sukanya serta masukan penonton dan masih banyak lagi.

Lihat penerapanya :


Tips Membuat Thumbnail
  • Memiliki resolusi 1280x720 (lebar minimal 640 px)
  • Diupload dalam format JPG, GIF, BMP atau PNG.
  • Size gambarnya maksimal 2MB.
  • Gunakan rasio aspek 16:9, karena rasio ini sering digunakan.
  • Buatlah thumbnails yang terang, mencolok, dan dapat terbaca.

Comments