Cara Membuat Video yang Disukai Viewers

Meningkatkan Viewers Youtube,
Cara Membuat Video yang Disukai Viewers - Punya video viral yang berhasil memperoleh 100.000 tayangan? Jika kamu punya dan viewers menyukainya, mereka pasti menginginkan lebih banyak lagi. Jangan hanya memikirkan satu video yang sudah terkenal itu, tetapi mulailah memikirkan hal lainnya dan pertimbangkan untuk membuat berbagai video populer lainnya.

Menarik penonton adalah awal atau dasar untuk meraih kesuksesan di dunia youtube. Oleh karena itu usaha yang di perlukan mesti konsisten. Pada kali ini saya akan memberikan beberapa tips untuk mendapatkan penonton yang loyal : penargetan, mudah ditemukan, aksebilitas, kolaborasi dan mudah dibagikan.

Cara Membuat Video : Penargetan


Apakah anda telah menentukan target viewers? Siapa yang ingin anda tergetkan untuk menonton video kamu. Apakah semua kalangan atau komunitas tertentu?

Sebaiknya targetkan penonton apa yang ingin anda pikat, kususnya penonton yang belum menemukan minat yang ingin ditontonya di platform youtube. Misalnya viewers belum menemukan gamers game jadul, pada saat ini belum ada youtuber yang membuatnya karena kebanyakan pada memainkan game modern.

Dengan adanya kesempatan itu maka buatlah channel yang menyajikan konten game jadul. Maka dengan sendirinya komunitas baru akan muncul yang dimana hal ini merupakan peluang besar bagi anda untuk mendapatkan viewers.

Pada dasarnya viewers ingin melihat video yang terasa akrab baginya, jadi cobalah untuk menyesuaikan kontenmu dengan komunitas atau letak demografis tertentu. 

Semakin anda dapat menentukan target penonton, semakin banyak daya tarik yang akan didapatkan. Channel kamu dapat berkembang dengan cepat bila terhubung dengan komunitas yang antusias. Pahami siapa penonton anda dan tentukan karakteristik khusus untuk menarik mereka.

Berikut beberapa cara untuk menargetkan viewers :

Targetkan penonton dari tingkat channel : Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, misalnya channel game yang ditunjukan untuk para gamers tertentu. Contohnya SkyDoesMinecraft didedikasikan sepenuhnya bagi para gamer minecraft.

Targetkan penonton dari tingkat acara : Konten yang ditampilan saluran IngridNilsen meliputi segala macam jenis, tetapi serialnya yang berjudul "Get Ready With Me" menargetkan kelompok usia tertentu yang sangat tertarik dengan rias wajah.

Targetkan penontonmu dari tingkat video: Anda dapat menentukan untuk membuat video bagi negara tertentu atau kamu ingin membuat video yang terget penontonya untuk remaja, anak-anak maupun orang tua. Contohnya Sh*t Sri Lankan Mother’s Say berfokus untuk pemirsa tertentu.

Targetkan penonton yang belum terlayani : Beberapa viewers tidak banyak menemukan konten yang di inginkanya di platfrom lain, sehingga mereka membuka youtube untuk menemukan tontonan yang sesuai dengan minatnya.

Cara Membuat Video : Mudah Ditemukan


Apakah video kamu akan muncul di mesin pencarian atau video rekomendasi?

Youtube adalah salah satu mesin pencari video yang paling populer dan paling banyak di gunakan di seluruh dunia. Orang beramai-ramai mengunjunginya untuk mencari konten video tentang segala jenis kategori. Kadang-kadang, mereka menelusuri hal-hal seputar topik yang sedang hangat atau peristiwa yang lagi tren.

Di lain waktu, orang-orang menelusuri informasi umum atau informasi lain yang selalu dicari, seperti cara memperbaiki kulkas, tv, smartphone atau cara melakukan efek riasan wajah pada photoshop. Bagaimanapun, video yang mudah ditemukan akan memperoleh tambahan jumlah view dan calon subscriber baru.

Pikirkan bagaimana video anda dapat di temukan di mesin telusur dan dapat menarik orang-orang bedasarkan kueri yang di carinya, berikut beberapa tipsnya :

Hadirkan topik trending ke dalam video kamu : Buatlah konten yang terkait dengan topik yang sedang trending, anda dapat menemukan sumber informasinya dari Google TrendsTwitter Trends dan situs Trendspottr.com untuk mencari topik yang hangat.

Buat konten menarik yang konstan : Maksudnya kamu harus membuat konten berkelanjutan, jadi bersemangatlah dalam membuat konten yang berbobot. Singkirkan rasa malas di benak kalian karena menjadi blogger itu butuh kerja keras, konsistensi dan terus belajar tanpa mengenal lelah.

Cara Membuat Video : Kolaborasi


Apakah anda ingin meningkatkan jumlah subscriber dengan cepat? 

Tidak ada yang dapat meningkatkan jumlah subscriber dengan cepat selain bekerja sama dengan kreator lain, tentunya kreator tersebut yang memiliki fans yang antusias dan mereka yang membuat konten sejenis.

Kolaborasi merupakan salah satu cara cepat untuk meningkatkan jumlah viewers di youtube, serta menjalin hubungan dengan komunitas konten kreator yang antusias dan aktif. Berikut beberapa tips untuk melakukan kolaborasi :

Buat “slot tamu” dalam format anda : Anda dapat mendesain format video dengan cara yang mudah dan logis bagi kreator tamu untuk berkunjung ke channel kamu. Acara wawancara adalah contoh paling umum.

Jangkau kreator yang tepat : Coba temukan kreator dalam genre anda atau kreator khusus yang melayani penonton serupa atau memiliki minat seperti kamu. Dengan cara tersebut, kemungkinan penonton akan terus menonton di channel mu.

Perhatikan tamu Anda : Hal ini membantu menampilkan tamu secara menonjol dan dengan cara yang positif. Jika mereka bangga dengan video tersebut, kemungkinan mereka akan melakukan lintas promosi dan ingin bekerja sama kembali.

Cara Membuat Video : Mudah dibagikan


Apakah Viewers kamu ingin membagikan video ini?

Saya menggunakan istilah "konten mudah dibagikan" karena memliki makna yang mirip dengan "viral" yakni orang-orang menonton video kamu dan segera ingin membagikanya di sosial media mereka seperti facebook, twitter, instagram dll.

Berbagi atau merekomendasikan video adalah hal yang bagus jika video yang dibagikan sangat bermanfaat. Jika orang terdekat kamu tahu bahwa video tersebut kamu yang membagikanya dan video itu juga sangat bermanfaat maka tak pikir panjang bahwa mereka akan langsung menonton videonya.

Mereka menonton karena ia percaya apa yang dibagikan oleh anda (orang yang mereka percayai) yakni teman atau keluarganya.

Beberapa tips agar video kamu mudah dibagikan :

Buat video berdasarkan topik yang sedang hangat : Jika ada berita terbaru atau berita yang sedang trending, kamu dapat membahasnya dengan membuat video tetang hal tersebut sesuai perspekstif kamu.

Mudah dihubungkan : Coba pancing emosi penonton terkait subjek yang mereka pahami, entah sesuatu yang lucu maupun serius.

Bermanfaat : Bagaimana anda dapat memberikan nilai praktek kepada viewers. Contohnya, apakah kamu bisa membuat video tutorial yang sangat bermanfaat serta berkualitas tinggi dan dapat di nikmati oleh semuanya?

Berkesan luar biasa : Upload video yang menunjukan bakat kamu atau  sesuatu hal yang luar biasa sehingga dapat menarik penonton.

Cara Membuat Video : Inspirasi


Apakah ide kamu datang dari sumber inspirasi yang asli?

Pembuat konten YouTube sering berkata bahwa hal paling penting adalah mencintai apa yang kamu lakukan. Cara seperti ini tidak hanya membuat anda jadi lebih bersemangat dalam membuat video, tetapi juga membuat pemirsa melihat adanya sebuah inspirasi sejati di dalam video yang kamu buat sehingga mereka menjadi tercerahkan. 

Sebaliknya, bila Anda tidak mencintai apa yang Anda lakukan, pemirsa tidak akan begitu melihat hal tersebut. Oleh karena itu, Anda sebaiknya tampil autentik, tertarik dengan topik yang dibahas dan, yang paling penting, antusias di depan kamera dan semua ini akan muncul secara alami jika Anda benar-benar terinspirasi. 

Jika Anda bekerja sendiri, buatlah video yang akan membuat anda bahagia. Hal ini adalah kunci untuk membangun penggemar. Jika Anda adalah bagian dari sebuah perusahaan, berusahalah untuk membuat konten asli untuk mereka, dan temukan orang-orang berbakat yang terinspirasi oleh misi saluran. 

Tidak yakin harus memulai dari mana? Pikirkan saluran apa yang menginspirasi kamu dan apa yang membuat kamu tertarik pada saluran tersebut? 

Beberapa cara untuk menemukan inspirasi :

Perhatikan apa yang suka anda tonton : Pikirkan hal-hal yang anda nikmati dari televisi, film, berita, atau blog sehingga dengan sendirinya kamu akan mendapatkan inspirasi dan pertimbangkan untuk membuat sesuatu yang memiliki nuansa yang sama.

Ulangi berdasarkan hal yang paling Anda nikmati : Cobalah format yang berbeda dan amati hal yang paling disukai pemirsa. Namun, Anda juga harus melakukan apa yang Anda sukai -- mudah-mudahan pemirsa juga akan menyukainya!

Hindarilah membuat video dengan asumsi video tersebut akan populer : Dalam jangka panjang, membuat video yang tidak ingin anda buat hanya akan membuat kamu menyesal dan kurang nyaman di kemudian hari. 

Comments